STIH Litigasi Ikut Berpartisipasi Dalam PAMERAN PEMBANGUNAN HUKUM Legal Expo 2019 Kemenkumham R.I

Jakarta, (24/10) Dalam rangka Hari Dharma Karydhika  Kemeterian Hukum dan HAM Tahun 2019, Kementerian Hukum dan HAM RI meyelengarakan pameran Legal Expo di Semanggi Plaza dengan Thema “Transformasi Merah Kinerja PASTI” dari tanggal 24 – 25 Oktober 2019. Legal Expo dibuka oleh Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F. Sompie mewakili Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, pembukaan pameran tersebut dimeriahkan dengan Kesenian Tarian  Betawi. Setelah pembukaan dilanjutkan berkeliling mengunjunjungi stan perserta pameran antara lain stand Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Litigasi.

Mewakili Menteri Hukum dan HAM Dirjen Imigrasi menyampaikan bahwa sosialisasi terhadap pentingnya pembangunan dan penegakan hukum dan HAM terkadang menimbulkan kejenuhan. Kegiatan yang cenderung membosankan, kurang kreartif, dan miskin kreativitas membuat publik kurang tertarik. Harus kita akui, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui tentang pembangunan dan penegakan hukum dan HAM.

Untuk mengurangi kejenuhan publik terhadap penyampaian informasi hukum dan HAM yang formal, Kementerian Hukum dan HAM menggelar pameran hukum bertajuk Legal Expo. Serunya, pada edisi tahun ini, Legal Expo dilaksanakan di Plaza Semanggi. Alasannya, supaya kampanye hukum dan HAM dapat dikemas dalam suasana yang menyenangkan, dan bisa menyentuh langsung ke masyarakat, sehingga diharapkan dapat menjadi momentum untuk mewujudkan kondisi pembangunan hukum yang lebih baik.

Sementera itu Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama Kemenkumham, Bambang Wiyono, dalam laporannya menjelaskan bahwa peserta kegiatan Legal Expo Tahun 2019 sebanyak 35 peserta, yang terdiri dari instansi pemerintah/lembaga negara di bidang hukum dan HAM, instansi pemerintah daerah, organisasi profesi, universitas dan perguruan tinggi, serta penerbit buku dan perusahaan perbankan, sementara itu peserta dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Litigasi menampilkan lomba kreasi via media instagram dengan tema “Menggapai Litigator bersama STIH Litigasi” dengan hastag #STIHLITIGASIPASTI #LEGALEXPO #DHARMAKARYADHIKA.

“Target kegiatan ini adalah meningkatkan jaringan kerja sama antar institusi pelaku pembangunan hukum dan HAM, dan membangun kesadaran dan budaya hukum masyarakat,” @(Goncang Raharjo dan Gunawati Fatimah Guntur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *