UNIT KEGIATAN MAHASISWA

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) adalah suatu lembaga kemahasiswaan tempat berkumpulnya para mahasiswa yang mempunyai kesamaan minat, kegemaran, kreativitas, dan orientasi aktivitas penyaluran kegiatan ekstrakurikuler di dalam kampus.


Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) merupakan organisasi kemahasiswaan yang mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, dan mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler kemahasiswaan yang bersifat penalaran, minat dan kegemaran, kesejahteraan, dan minat khusus sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya. Kedudukan lembaga ini berada pada wilayah universitas yang secara aktif mengembangkan sistem pengelolaan organisasi secara mandiri.

 

Manfaat Mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

1. Menambah wawasan

Manfaat pertama yang bisa kamu rasakan saat mengikuti UKM adalah menambah wawasan. Saat mengikuti suatu UKM, kamu jadi lebih berwawasan dan mempunyai pemikiran yang terbuka. Biasanya dalam suatu UKM mempunyai anggota dari jurusan yang berbeda-beda, sehingga ini dapat memungkinkan terjadi pertukaran wawasan antara kamu dan anggota lain.

 

2. Pengalaman berorganisasi

Manfaat kedua adalah kamu jadi mempunyai pengalaman berorganisasi. Di dalam suatu kegiatan mahasiswa biasanya mempunya struktur organisasinya sendiri. Hal ini memungkinkan kamu untuk terlibat dalam kepengengurusan UKM tersebut, kamu juga bisa belajar bagaimana rasanya mempunyai tanggung jawab mengurus suatu organisasi.

 

3. Menambah relasi

Saat kamu mengikuti UKM, sudah pasti kamu akan mempunyai banyak teman dari berbagai jurusan. Punya banyak relasi saat kuliah dapat memudahkan kamu nantinya ketika lulus dalam mencari pekerjaan. Siapa tahu, relasi kamu itu punya channel pekerjaan yang oke!

 

4. Mengisi waktu luang dengan kegiatan positif

Biasanya apa yang kamu lakukan saat perkuliahan selesai? Sebagian besar mahasiswa pasti menjawab nongkrong. Entah nongkrong di kantin kampus, atau di warung-warung kopi di sekitar kampus. Nongkrong memang enak, bisa berkumpul dengan teman tanpa memikirkan tugas kuliah. Tapi, ada manfaatnya nggak, sih? Kegiatan tersebut tentunya tidak mendapatkan manfaat sama sekali melainkan hanya membuang waktu dan uang kamu saja.

Daripada nongkrong yang hanya buang-buang waktu dan uang kamu, ada baiknya kalau waktu luangmu diisi dengan kegiatan yang positif dan bermanfaat, contohnya kamu bisa mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang kamu sukai. Selain waktu luangmu nggak terbuang sia-sia, kamu juga bisa mendapatkan manfaat-manfaat lain.

 

5. Sebagai ajang untuk mengembangkan bakat

Biasanya UKM di suatu kampus banyak macamnya tergantung minat kamu ingin mengikuti kegiatan yang mana. Misalnya, kamu punya hobi bermusik. Dengan mengikuti UKM band atau sejenisnya kamu bisa mengasah lagi skill bermusik kamu.

Bisa saja saat kamu mengikuti UKM tersebut kemampuan bermusik kamu jadi meningkat dan kamu juga bisa mendapatkan pengalaman baru untuk tampil di depan banyak orang. Atau mungkin, saat kamu lulus kuliah nanti kamu ingin berkarier sebagai seorang musisi. Ini bisa jadi kesempatan kamu untuk lebih mengembangkan bakat yang kamu miliki.




Unit Kegiatan Mahasiswa merupakan organisasi kemahasiswaan di tingkat Perguruan Tinggi yang fungsinya menampung berbagai minat dan bakat dari para mahasiswa STIH LITIGASI. Unit Kegiatan Mahasiswa tersebut antara lain:







DIN (DISKUSI INTERAKTIF)

UKM JURNALISTIK

UKM SENI

UKM TENIS MEJA

UKM BULU TANGKIS

UKM FUTSAL STIHL CUP

UKM PENCAK SILAT

UKM MAPAGASI

UKM IMMKA

FORDISKA

UKM FORKAMI

UKM PERADILAN SEMU

Dll